GRUP A

ITALIA

Italia perlu mengembalikan rasa bangganya sebagai negara setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018, dan mereka telah melakukannya secara spektakuler.

Azzurri mendulang rekor sempurna dengan meraih sepuluh kemenangan dari sepuluh laga di kualifikasi Euro 2020 - meski mereka tergabung di grup relatif mudah, selagi kini tidak terkalahkan dalam 25 pertandingan terakhir sejak Oktober 2018.

Kesuksesan mereka raih meski kerap melakukan perubahan skuad sejak Roberto Mancini mengambil alih pada 2018, dengan 63 pemain berbeda pernah dicoba, dan tidak kurang dari 33 debutan mengukir penampilan perdananya bersama sang pelatih.

Italia adalah tim yang tidak bisa diprediksi menyangkut line-up yang dipakai, dan absennya Nicolo Zaniolo untuk kali kedua akibat cedera ligamen lutut akan menjadi pukulan yang sangat telak.

PELATIH: ROBERTO MANCINI

Melatih tim nasional selalu menjadi keinginan Mancini, dan ia memilih untuk meninggalkan pekerjaannya di Zenit St. Petersburg hanya untuk mengambil alih Italia dan memulai proses peremajaan.

Hasilnya sangat bagus dan, mungkin mengejutkan, kepribadiannya yang positif membuat mereka yang sempat mempertanyakannya harus menelan ludah sendiri.

Gaya bermainnya terkadang penuh hati-hati, tapi, beberapa pemain telah memastikan tempatnya di tim.

Keputusan akhir akan diambil oleh pelatih yang pernah memenangkan gelar liga bersama Inter dan Manchester City ini, selagi ia masih punya penyesalan atas kegagalan meraih juara di Euro 88 sebagai pemain.

PEMAIN BINTANG: LORENZO INSIGNE

Sekalipun pernah “dilupakan” di bangku cadangan oleh pelatih Gian Piero Ventura ketika Italia kalah dari Swedia di play-off kualifikasi Piala Dunia 2018, winger kiri ini justru lebih sering diandalkan di bawah Mancini, meski waktu hampir habis bagi dia untuk membuktikan kemampuan di tim nasional mengingat usianya sudah 30.

Dengan tampil cukup apik untuk Napoli musim ini, dia merupakan sumber energi utama di sektor sayap.

Ironisnya, Daniele De Rossi - yang memintanya untuk bermain melawan Swedia - sekarang menyusul tim kepelatihan Mancini.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Donnarumma
-
Florenzi
Acerbi
Bastoni
Emerson
-
Jorginho
Verratti
Barella
-
Chiesa
Immobile
Insigne

 BINTANG MUDA: ALESSANDRO BASTONI

Meski skuad ini telah diremajakan, tidak ada bakat muda Italia yang kini menonjol, itu berarti bintang 22 tahun Bastoni bisa menjadi yang termuda dalam daftar Mancini.

Bek sentral milik Inter ini dipandang sebagai Leonardo Bonucci baru - seorang bek yang nyaman memainkan bola dan mampu mengirim umpan panjang dengan akurat. 

Dia bisa berkembang menjadi yang terbaik di posisinya, dan telah memainkan peran yang sangat penting dalam menjuarai Serie A musim ini.

 JADWAL

11 Juni
Turki vs Italia
Olimpico, Roma


16 Juni
Italia vs Swiss
Olimpico, Roma


20 Juni
Italia vs Wales
Olimpico, Roma

SWISS

Skuad multinasional dan multibahasa ini mengalami kesulitan cukup berarti, karena sejumlah pemain penting menghadapi masalah di klub masing-masing.

Xherdan Shaqiri jarang mendapatkan menit bermain di Liverpool, Granit Xhaka di posisi antara menjadi pemain kunci dan paling mendapat kritik di Arsenal, serta Ricardo Rodriguez - yang pernah dianggap sebagai bek kiri kelas dunia - kini lebih sering menjadi pemain cadangan di Torino.

Kendati demikian, perjalanan di kualifikasi berjalan lancar, dan mereka memainkan sepakbola yang menarik saat mencapai semi-final Nations League pada 2019.

Namun, belakangan ini mereka tidak konsisten, dan perubahan generasi mungkin diperlukan.

PELATIH: VLADIMIR PETKOVIC

Bertugas sejak 2014, juru taktik kelahiran Bosnia ini sangat populer di kalangan suporter setelah mencapai babak 16 besar di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Tapi dia diperkirakan bakal bersikap konservatif dan tetap bertumpu kepada pemain tertentu, meski mereka tidak lagi pantas berada di dalam tim.

Sikap itu bakal menjadi perdebatan, apakah Petkovic adalah sosok yang tepat untuk membawa tim ini melangkah lebih jauh, dan membantu generasi muda memenuhi potensi mereka.

PEMAIN BINTANG: XHERDAN SHAQIRI

Dia mungkin jarang dimainkan Liverpool, tapi pria berusia 29 tahun itu tetap menjadi pemain paling berbakat dan bintang yang memberikan inspirasi bagi Swiss.

Shaqiri mencetak gol paling indah di Piala Eropa 2016 – tendangan salto ke gawang Polandia ketika tersingkir di babak 16 Besar, dan mencetak gol untuk membawa tim meraih kemenangan dramatis atas Serbia di Piala Dunia 2018.

Dia merupakan sosok yang tepat untuk perhelatan akbar, dan suporter selalu menantikan sesuatu yang istimewa saat bola berada di kakinya. Andai saja Shaqiri bisa lebih konsisten.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Sommer

Mbabu
Elvedi
Akanji
Rodriguez
Zuber

Freuler
Xhaka

Shaqiri
Embolo

Seferovic

 BINTANG MUDA: RUBEN VARGAS

Vargas adalah pemain sayap kiri dengan kecepatan bagus yang juga mampu tampil sebagai gelandang. Dalam beberapa pertandingan di Augsburg, penampilan pemain berusia 22 tahun sangat menjanjikan.

Kesuksesan mencetak gol keduanya untuk tim nasional beberapa saat setelah dimasukkan ke dalam lapangan saat melawan Finlandia pada Maret membuat dia dapat digunakan sebagai supersub untuk merusak pertahanan lawan saat mereka kelelahan.

JADWAL

12 Juni
Wales vs Swiss
Baku Olympic Stadium, Baku


16 Juni
Italia vs Swiss
Olimpico, Roma


20 Juni
Swiss vs Turki
Baku Olympic Stadium, Baku

TURKI

Turki mendapati kualifikasi Euro 2020 yang luar biasa, dan itu berkat andil dari generasi beknya yang bertalenta.

Mereka hanya kebobolan tiga gol dari sepuluh pertandingan - dengan nirbobol di kandang sendiri, di mana Prancis bahkan mereka kalahkan lewat skor 2-0.

Kualifikasi Piala Dunia pada Maret juga mereka mulai dengan sensasional; kemenangan 4-2 melawan Belanda yang diikuti pembantaian 3-0 atas Norwegia, selagi Erling Haaland sukses dimatikan di laga itu.

Negara tersebut menjadi antusias dengan barisan muda yang punya kepercayaan diri tinggi saat melawan tim kuat, dan ekspektasi kini meninggi.

Mencapai semi-final dan mengulang pencapaian Euro 2008 dipandang sebagai target realistis.

PELATIH: SENOL GUNES

Mungkin dia adalah kiper terbaik dalam sejarah Turki, selain itu Gunes juga salah satu pelatih tersukses mereka.

Dia membawa negaranya ke semi-final Piala Dunia 2002 dan kembali ke posisi tersebut pada 2019 setelah memenangkan dua gelar liga beruntun dengan Besiktas.

Sosok veteran berusia 69 tahun itu, yang sekarang dihormati setelah mendapat banyak kritik di awal kariernya, punya spesialisasi dalam mempromosikan pemain muda dan membantu para striker untuk memenuhi potensi.

PEMAIN BINTANG: BURAK YILMAZ

Seorang yang terlambat berkembang yang mulai bersinar satu dekade lalu di Trabzonspor berkat Gunes, Yilmaz sekarang menjadi kapten dan pemimpin tim nasional pada usia 35 tahun.

Merupakan salah satu dari dua pemain yang pernah bermain untuk ‘Big Four’ di Turki, Burak ini sosoknya dicintai juga dibenci oleh hampir setiap suporter di negaranya, dan karakternya yang flamboyan tak jarang menjadi berita utama.

Ia cukup berani untuk bertualang ke Lille musim panas lalu, dan berpeluang memenangkan gelar Ligue 1 pada upaya pertamanya setelah tampil menginspirasi sejak pergantian tahun.

Veteran itu juga mencetak hat-trick melawan Belanda pada Maret, dan kini dalam bentuk terbaik yang bisa dia impikan.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Mert Gunok

Zeki Celik
Ozan Kabak
Merih Demiral
Umut Meras

Kenan Karaman
Ozan Tufan
Okay Yosuklu
Hakan Calhanoglu

Yusuf Yazici
Burak Yilmaz

 BINTANG MUDA: OZAN KABAK

Meroketnya Kabak sudah sangat spektakuler.

Lahir di hari yang sama dengan Jadon Sancho, ia dipandang sebagai salah pemain muda terbaik di Bundesliga sejak merapat ke Stuttgart pada 2019.

Setelah menembus daftar NXGN di tahun yang sama, masuknya ia ke tim Schalke yang tenggelam tidak lantas menghambat perkembangannya.

Setelah setengah musim dipinjamkan ke Liverpool, bek sentral berusia 21 tahun itu menyambut turnamen nanti dengan sedikit lebih berpengalaman.

JADWAL

11 Juni
Turki vs Italia
Olimpico, Roma


16 Juni
Turki vs Wales
Baku Olympic Stadium, Bak


20 Juni
Swiss vs Turki
Baku Olympic Stadium, Baku

WALES

Tuduhan melakukan kekerasan dalam rumah tangga terhadap manajer Ryan Giggs yang berujung pada sanksi memberikan pengaruh terhadap persiapan Wales menghadapi turnamen ini.

Di bawah besutannya, tim mengalami perkembangan stabil, lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 secara dramatis sebelum meraih hasil bagus di ajang Nations League.

Penyelenggaraan edisi 2020 dinantikan publik Wales untuk melihat kiprah mereka berlaga di level serupa di bawah kepemimpinan manajer tak berpengalaman, atau bisa menyamai raihan Chris Coleman yang mampu membawa tim hingga lolos ke semi-final pada 2016.

PELATIH: ROB PAGE

Mantan bek Watford dan Sheffield United ini memulai karir kepelatihannya bersama Port Vale dan Northampton Town, dan sosoknya tidak begitu dikenal hingga dia ditunjuk menukangi Wales U-21 empat tahun lalu.

Page mendapat banyak pujian setelah dipromosikan sebagai asisten Giggs pada 2019, dan dianggap mumpuni ketika ditunjuk sebagai manajer karteker untuk turnamen ini setelah Giggs mendapatkan sanksi.

Tentunya ajang ini menjadi kesempatan besar bagi Page untuk membuktikan kualitas dirinya.

PEMAIN BINTANG: GARETH BALE

Pencetak gol terbaik dalam sejarah Wales setelah melewati status Ian Rush. Pemain berposisikan penyerang in selalu mendahulukan kepentingan tim nasional, seperti yang tertulis dalam bendera 'Wales. Golf. Madrid. In that order'.

Bale bekerja keras untuk tim dengan bakat individu yang luar biasa, dan penampilannya sepanjang Piala Eropa 2016 membuat dirinya menjadi pahlawan nasional.

Fans merasa senang setelah dalam beberapa waktu terakhir dia dia menemukan kembali performanya, dan rasa lapar akan sepakbola setelah dipinjamkan ke Tottenham Hotspur dari Real Madrid.

Relatif lebih segar setelah diistirahatkan beberapa bulan di awal musim, dia menatap turnamen dengan suasana hati yang positif.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Hennessey

Mepham
Rodon
Davies

C.Roberts
Ramsey
Ampadu
N.Williams

Bale
James
Wilson

 BINTANG MUDA: ETHAN AMPADU

Pemain berbakat Chelsea ini membuat kesan luar biasa untuk RB Leipzig di Liga Champions Eropa musim lalu, menikmati banyak menit bermain di Sheffield United musim ini, meskipun di tim yang dibelanya terdegradasi dari Liga Primer Inggris.

Mampu menjalankan peran di sektor pertahanan, Ampadu berada dalam performa terbaiknya di lini tengah, dan ia telah mengukuhkan tempatnya di tim nasional pada usia 20 tahun.

Peran pemain yang masuk ke dalam NXGN dua kali ini akan menjadi sangat penting dalam formasi favorit Page, 3-4-3.

JADWAL

12 Juni
Wales vs Swiss
Baku Olympic Stadium, Baku


16 Juni
Turki vs Wales
Baku Olympic Stadium, Baku


20 Juni
Italia vs Wales
Olimpico, Roma

GRUP B

BELGIA

Apakah ini merupakan kesempatan terakhir untuk generasi emas Belgia? 

Boleh dibilang mereka memiliki skuad terkuat pada Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, namun gagal melaju hingga final pada dua event tersebut, dan situasi saat ini cukup mengkhawatirkan.

Kevin De Bryune masih menjadi pengoper bola terbaik di planet ini, tapi barisan belakang mulai menua, lini tengah pun tidak akan sama jika Axel Witsel tidak dalam kondisi fit, dan Eden Hazard hampir konsisten selalu cedera sejak bergabung dengan Real Madrid dua tahun lalu.

Hasil memang selalu positif dalam beberapa tahun terakhir, tapi waktu terus berjalan dan hampir habis untuk tim ini.

PELATIHH: ROBERTO MARTINEZ

TheMantan manajer Swansea, Wigan dan Everton ini secara mengejutkan dipilih sebagai pengganti Marc Wilmots pada 2016, dan memberikan peingkatan yang signifikan ketimbang pendahulunya. 

Sosok asal Spanyol ini satu frekuensi dengan hampir seluruh pemain bintangnya, karena kepribadian karismatik dan gaya menyerang yang ia miliki.

PEMAIN BINTANG: KEVIN DE BRUYNE

Sederhana saja, merupakan salah satu pesepakbola terbaik di generasinya.

Kemampuan De Bruyne sebagai playmaker fenomenal, dan dia mampu memproduksi dan menentukan operan dengan sangat cantik, berkat visi operan dan skill yang langka miliknya.. 

Lebih seringnya lagi, dia menciptakan asis sebelum asis, membangun permainan dari belakang.

Permainannya telah berkembang dalam enam musimnya di Manchester City - lima di antaranya di bawah Pep Guardiola - namun sebagaimana ia merayakan ulang tahun ke-30 pada Euro 2020, ia juga merupakan yang paling cemerlang di tim nasional.Quite simply, one of the very best footballers of his generation.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Courtois

Alderweireld
Denayer
Vertonghen

Castagne
Tielemans
Dendoncker
Thorgan Hazard

De Bruyne
Eden Hazard

Lukaku

BINTANG MUDA: JEREMY DOKU

Pemain sayap yang punya kecepatan dan penuh trik yang bergabung dengan Rennes dari Anderlecht lewat mahar tebusan sebesar €26 juta (£23.5juta/$30.5juta) pada Oktober, Doku punya karier internasional yang sensional dan sudah mengemas dua gol bersamaan dengan energi besar yang dibutuhkan oleh tim. 

Doku - yang masuk posisi 14 dalam NXGN 2021 - masih berusia 19, tapi punya keberanian dan kemampuan untuk bermain di dua sisi sayap, yang membuatnya sebagai pemain rotasi yang sangat berguna, apalagi jika Eden Hazard tidak dalam kondisi fit.

JADWAL

12 Juni
Belgia vs Rusia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


17 Juni
Denmark vs Belgia
Parken, Copenhagen


21 Juni
Finlandia vs Belgia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg

DENMARK

Hetelah lolos ke Euro 2020 tanpa mengalami kekalahan, Denmark kemudian menampilkan kesan menjanjikan di Nations League, dan memenangkan ketiga pertandingan mereka pada awal kampanye kualifikasi Piala Dunia 2022 tanpa kebobolan satu gol pun. 

Para andalan mereka - bek AC Milan, Simon Kjaer dan gelandang Tottenham Hotspur, Pierre-Emile Hojbjerg - menikmati musim positif mereka bersama klub masing-masing, dan bahkan Christian Eriksen menemukan kembali performanya belakangan ini di Inter.

Denmark, lantas kini terlihat seperti kuda hitam penuh potensi, dan mereka menatap turnamen dengan suasana tim penuh kepercayaan diri dan kalem.

PELATIH: KASPER HJULMAND

Hjulmand berarti 'pria di belakang kemudi' dalam bahasa Denmark. Oleh karena itu, namanya cocok, tetapi situasinya unik. 

Pelatih veteran Norwegia Age Hareide seharusnya yang menangani tim di turnamen andai tidak ditunda, namun kontraknya berakhir pada musim panas 2020, dan penggantinya sudah ditentukan jauh sebelumnya.

Hjulmand tidak pernah bermain sepakbola di level profesional, dan sebagian besar pengalaman melatihnya berasal dari ketika berada di Nordsjaelland, yang suka mempromosikan pemain muda dan menjuarai titel kompetisi Denmark pada 2012. 

Ia cukup gemar melakukan eksplorasi, dengan full-back Denmark sangat sering membantu serangan.

PEMAIN BINTANG: CHRISTIAN ERIKSEN

Dianggap sebagai salah satu playmaker dan spesialis bola mati terbaik di dunia saat berada di Tottenham, Eriksen tampaknya membuat pilihan karier yang buruk saat bergabung dengan Inter pada Januari 2020.

Namun, ia perlahan mampu mendapatkan tempat utama di skuad Antonio Conte dan memainkan perannya dalam memenangkan gelar Serie A bersejarah mereka.

Itu merupakan kabar baik bagi Denmark, yang memang membutuhkan superstar mereka dalam performa terbaiknya di Euro nanti.

Dengan 106 pertandingan internasional pada usia 29 tahun, Eriksen kemungkinan akan menjadi pemain Denmark dengan jumlah pertandingan terbanyak.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Schmeichel

Wass
Kjaer
Christensen
Maehle

Hojbjerg
Delaney

Poulsen
Eriksen
Braithwaite

Wind

 BINTANG MUDA: JONAS WIND

Wind adalah satu-satunya calon starter yang masih bermain di Denmark, tetapi itu tidak akan berlangsung lama.

Pemain berusia 22 tahun yang juga putra seorang kiper ternama, Wind punya keunggulan fisik sebagai penyerang dan berkembang pesat di FC Copenhagen berkat kemampuannya dalam menempatkan posisi, kekuatan dan keahliannya mencetak gol dengan kedua kaki.

Ia telah mencetak tiga gol untuk tim nasionalnya sejak melakoni debut pada Oktober lalu, dan transfer besar bisa saja terjadi pada musim panas ini.

JADWAL

12 Juni
Denmark vs Finlandia
Parken, Copenhagen


17 Juni
Denmark vs Belgia
Parken, Copenhagen


21 Juni
Rusia vs Denmark
Parken, Copenhagen

FINLANDIA

Lolosnya Finlandia ke turnamen besar pertama masih dipandang sebagai keajaiban oleh para fans dan pakar sepakbola.

Mereka sudah menunggu kesuksesan seperti ini selama beberapa dekade, dan finis di depan Yunani, Bosnia-Herzegovina dan Armenia di babak grup kualifikasi menyebabkan euforia besar di seantero negara.

Dengan dua pertandingan yang berlangsung di St. Petersburg dekat Finlandia, fans bisa dengan mudah melakukan perjalanan dan mendukung tim mereka, terlepas dari situasi saat ini.

Mereka mungkin berstatus underdog, namun semangat besar Finlandia tidak ada duanya.

COACH: MARKKU KANERVA

POrang-orang tertawa ketika mantan guru itu secara terbuka mengatakan tampil di Euro 2020 adalah targetnya setelah ditunjuk sebagai manajer Finlandia pada 2016. 

Kini senyuman sinis yang beredar telah lama sirna.

Kanerva bukanlah pilihan pertama sebagai pelatih, namun pengabdian selama lebih dari satu dekade sebagai manajer dan asisten pelatih tim U-21 membuatnya cocok menerima tantangan.

Sosoknya positif, penuh percaya diri dan mampu menjelaskan ide-idenya dengan cara yang bisa dipahami. Kesederhanaan gaya adalah kunci kesuksesannya.

PEMAIN BINTANG: TEEMU PUKKI

Sang legenda Norwich City, cukup luar biasa, mengambil alih statis Jari Litmanen sebagai pencetak gol terbanyak tim nasional Finlandia.

Pukki, yang memimpin Canaries promosi pada 2019 dan 2021, sangat penting dalam perjalanan kampanye kualifikasi bersejarah Finlandia dengan mengemas sembilan gol.

Ia mencetak tiga gol di kualifikasi Piala Dunia pada Maret lalu dan sekarang memiliki catatan 30 gol dalam 90 pertandingan bagi Finlandia.

Bukan pemain yang penuh keterampilan, namun pria berjanggut itu adalah penyelesai akhir yang berdarah dingin.

Akan tetapi, cedera ligamen pergelangan kaki yang dideritanya tepat pada akhir musim kompetisi Inggris membuatnya harus berpacu dengan waktu untuk mencapai kebugaran fisiknya jelang dimulainya turnamen.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Hradecky

Raitala
Arajuuri
Toivio
Uronen

Lod
Sparv
Kamara
Taylor

Pukki
Pohjanpalo

 BINTANG MUDA: MARCUS FORSS

The tournament's postponement was fortunate for the 21-year-old Brentford striker, who has come of agPenundaan turnamen menguntungkan bagi striker Brentford berusia 21 tahun, yang telah tumbuh dewasa dalam beberapa bulan terakhir. 

Forss mencetak gol fantastis dalam kemenangan sensasional 2-0 atas Prancis di Paris pada November lalu, dan sekarang tampaknya ikut bersama skuad ke Euro. 

Ia belum menjadi starter di Brentford, namun gaya oportunistiknya bisa berguna bagi Kanerva dari bangku cadangan jika Rencana A timnya tidak berjalan.

JADWAL

12 Juni
Denmark vs Finlandia
Parken, Copenhagen


16 Juni
Finlandia vs Rusia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


21 Juni
Finlandia vs Belgia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg

RUSIA

Mencapai perempat final Piala Dunia di negara sendiri, meski sebenarnya sangat tidak diharapkan awalnya, membuat para pemain timnas Rusia bagaikan pahlawan.

Bagaimana pun, sebagaimana waktu berlalu, para fans menjadi realistis lagi, dan kenyataan sedihnya adalah tim ini tidak cukup bagus untuk bersaing di level tertinggi.

Kualifikasi Euro 2020 yang mulus dari grup yang mudah menolong antuasme akan tim ini terjaga, namun hasil belakangan sangat mengecewakan, termasuk kekalahan 5-0 di Serbia pada Nations League dan kekalahan di Slowakia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pisau, bagaimana pun, sudah disiapkan sebelumnya.

PELATIH: STANISLAV CHERCHESOV

Mantan penjaga gawang yang benar-benar kurang populer sebelum Piala Dunia digulirkan, namun mampu membalikkan keadaan dan mengubah image-nya. 

Kini, tiga tahun setelahnya, dia kembali mundur, membuat keputusan aneh terhadap skuad, dan dikritik secara terbuka oleh beberapa pemainnya lewat media.

Bulan madu sudah usai, dan Cherchesov terlihat sebagai pelatih terbatas yang suka bertengkar dengan pemain bintangnya.

PEMAIN BINTANG: MARIO FERNANDES

Dengan pensiunnya Igor Akinfeev setelah Piala Dunia, pemain naturalisasi asal Brasil ini bisa dibilang satu-satunya pemain kelas dunia yang tersisa dalam skuad saat ini.

Bek kanan dengan naluri menyerang milik CSKA Moscow ini diberkahi kemampuan sebagai pekerja keras tanpa lelah, ia dapat menjangkau setiap jengkal dari sisi lapangan. 

Selalu jadi andalan dalam kualifikasi, dia semestinya sudah pindah ke liga yang lebih besar sebagaimana dikaitkan dengan beberapa klub besar di masa lampau. Di usia 30 tahun, bahasan itu sudah tidak berlaku untuknya. 

Setelah penampilannya yang brilian di Piala Dunia, Euro menantikan penampilannya.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Shunin

Fernandes
Dzhikiya
Semyonov
Zhirkov

Zobnin
Ozdoev

Kuzyaev
Golovin
Aleksey Miranchuk

Dzyuba

 BINTANG MUDA: DENIS MAKAROV

Tidak mengejutkan Rusia memanggil pemain debutan Makarov hanya setelah bermain satu musim penuh di kasta tertinggi bersama Rubin Kazan di bawah didikan mantan pelatih timnas Rusia Leoni Slutsky.

Gelandang serang berusia 23 tahun ini merupakan pemain yang menarik, mampu mencetak gol dengan cara-cara menakjubkan.

Aksi solonya untuk menjebol gawang Zenit pada Maret dinobatkan sebagai gol terbaik musim 2020/21 di Rusia, dia menuntaskan musim dengan catatan sembilan gol di semua ajang, dan selalu ada firasat bahwa dia mampu mengubah pertandingan seorang diri.

Karena itulah dia bisa sangat berguna saat turnamen. Cherchesov bisa memakaikanya sebagai supersub yang tidak takut untuk melakukan hal-hal istimewa.


JADWAL

12 Juni
Belgia vs Rusia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


16 Juni
Finlandia vs Rusia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


21 Juni
Rusia vs Denmark
Parken, Copenhagen

GRUP C

AUSTRIA

Menjelang Euro 2016, Austria dipandang sebagai kuda hitam berkat penampilan mereka di kualifikasi yang sangat mengesankan, tetapi gagal total dan pulang tanpa kemenangan di penyisihan grup.

Kali ini, tidak ada yang membicarakan mereka, meski skuadnya bisa dibilang lebih baik dan lebih berpengalaman dibanding lima tahun lalu.

Momentumnya jelas kurang meriah dan Austria bisa sangat tidak konsisten, seperti yang ditunjukkan dengan kekalahan 4-0 ditangan Denmark dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret.

Namun, ekspektasi rendah bisa menguntungkan mereka, mengingat hasil imbang yang relatif masuk akal, tim yang solid dan termotivasi bisa mengejutkan banyak orang.

PELATIH: FRANCO FODA

Foda memenangkan gelar kejuaraan dengan Sturm Graz baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, tetapi pemain Jerman itu secara kontroversial lebih disukai daripada mantan superstar Andreas Herzog ketika mendapat manajer Austria yang dimulai pada 2017.

Dia berusaha untuk bermain sepakbola proaktif, ofensif dengan tekanan tinggi dan intensitas tinggi. Hasilnya, tim bisa terkena imbasnya, tetapi mereka cukup menghibur.

PEMAIN BINTANG: DAVID ALABA

Satu-satunya superstar sejati di skuad Austria, pemain yang sangat serbaguna ini meninggalkan Bayern Munich setelah 13 tahun lalu dan diperkirakan akan bergabung dengan Real Madrid.

Sama-sama luar biasa sebagai bek kiri, bek tengah, gelandang bertahan dan playmaker, Alaba sering dimainkan sebagai sayap kiri di Austria dalam beberapa waktu terakhir.

Sering dituduh tampil lebih baik untuk klubnya daripada tim nasional, dia sangat buruk di Euro 2016, dan ini adalah kesempatannya untuk menebusnya.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

A.Schlager

Lainer
Dragovic
Hinteregger
Ulmer

Baumgartlinger
X.Schlager

Baumgartner
Sabitzer
Alaba
-
Kalajdzic

BINTANG MUDA: CHRISTOPH BAUMGARTNER

Jangan bingung dengan kapten veteran Julian Baumgartlinger, bintang muda Hoffenheim berusia 21 tahun ini baru memulai karir tim nasionalnya, tetapi membuat kesan positif selama setahun terakhir.

Gelandang serang yang diberkati dengan keterampilan bola yang halus, kaki yang cepat, tembakan yang kuat dan visi yang luar biasa, dia menyenangkan untuk ditonton, dan bisa tampil sebagai playmaker klasik atau tampil lincah di kedua sisi.

Dia juga ulet tanpa bola, dan tidak mengherankan jika Baumgartner dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di Bundesliga musim ini.

Dia bisa menjadi kejutan di musim panas, jika diberi kesempatank

JADWAL

13 Juni
Austria vs Makedonia Utara
Arena Naţională, Bucharest


17 Juni
Belanda vs Austria
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam


21 Juni
Ukraina vs Austria
Arena Naţională, Bucharest

BELANDA

Ronald Koeman mendapat tugas sulit untuk membangun kembali tim nasional Belanda setelah gagal lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Bagaimana pun, ia melakukan pekerjaan yang luar biasa, dengan memperkenalkan banyak bintang muda, dan Oranje mencapai final Nations League saat lolos ke Euro 2020 dengan mudah serta memainkan sepakbola yang sangat percaya diri dan positif.

Momentum jelang musim lalu adalah fenomenal, tapi turnamen kemudian ditunda, dan Koeman pergi unutk melatih di Barcelona, dan kapten serta bek andalan mereka, Virgil van Dijk, mengalami cedera yang mengakhiri-turnamen. 

Hasil-hasilnya jauh lebih mengesankan dalam setahun terakhir, dan keseluruhan proyek sekarang diragukan 

PELATIH: FRANK DE BOER

Mantan bek tengah bintang itu memenangkan empat gelar Eredivisie berturut-turut sebagai pelatih Ajax, tapi reputasi dan kepercayaan dirinya mengalami pukulan yang signifikan setelah dua periode yang sangat singkat dan menjadi bencana di Inter Milan dan Crystal Palace.    

Petualangannya di Atalanta United tidak mendapat banyak perhatian di tanah airnya, dan penunjukan De Boer menggantikan Koeman juga tidak disambut dengan antusias.

Ia kemudian menjadi pelatih Belanda pertama yang gagal memenangkan salah satu dari empat pertandingan pertamanya sebagai pelatih, dan kualifikasi Piala Dunia 2022 dimulai dengan kekalahan di Turki.

PEMAIN BINTANG: FRENKIE DE JONG

Salah satu gelandang paling anggun dan elegan di dunia, pemain berusia 24 tahun itu menjadi superstar selama Ajax melaju ke semi-final Liga Champions pada 2019.

Aklimatisasi di Barcelona terbukti lebih sulit dari yang diharapkan, tapi De Jong akhirnya berkembang dalam peran bebas di bawah asuhan Koeman dan mendekati Euro dalam performa yang fenomenal.

Mampu memulai serangan dari dalam, menggiring bola, membuat umpan terakhir dan mencetak gol sendiri, De Jong cukup dekat dengan pemain yang lengkap.

Ia penting bagi tim nasional dan sebagian besar permainan melalui dirinya.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Krul

Dumfries
De Ligt
Blind
Wijndal

Klaassen
Wijnaldum
De Jong

Berghuis
Depay
Malen

BINTANG MUDA: RYAN GRAVENBERCH

Untuk menjadi pemain Ajax termuda di Eredivisie, mengalahkan rekor terkenal Clarence Seedorf, adalah pencapaian yang luar biasa, dan tidak mengherankan jika Gravenberch adalah pemain internasional senior pada usia 19 tahun.

Sangat fleksibel di lini tengah, pemain yang tiga kali masuk daftar NXGN (termasuk dua finis sepuluh besar) itu mengkombinasikan kekuatan fisik dengan kontrol bola yang indah, umpan yang sangat beragam, dan pola pikir menyerang yang sangat positif. 

Bisa menjadi senjata yang sangat berbahaya dari bangku cadangan sepanjang turnamen.

JADWAL

13 Juni
Belanda vs Ukraina
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam

17 Juni
Belanda vs Austria
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam


21 Juni
Makedonia Utara vs Belanda
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam

MAKEDONIA UTARA

Makedonia Utara pasti terasa seperti negara sepakbola paling beruntung di Eropa.

Mereka tidak memiliki peluang lolos ke Euro 2020 dengan cara biasa, dan menyelesaikan grup mereka di tempat ketiga dengan hanya 14 poin.

Namun, jalan untuk tim terlemah di Nations League D, membuat impian yang tidak mungkin sepenuhnya menjadi mungkin; mereka hanya perlu mengalahkan Kosovo dan Georgia.

Kemudian, setelah perayaan nasional yang besar, mereka membuat sejarah pada bulan Maret sebagai tim pertama dalam 20 tahun terakhir  yang mengalahkan Jerman dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

Hasil luar biasa itu sangat berarti , membuat masyarakat Macedonia percaya bahwa keberuntungan yang lebih baik bisa datang di musim panas.

k

PELATIH: IGOR ANGELOVSKI

Angelovski tidak pernah bermain atau bekerja di luar negaranya sendiri, dan secara relatif tidak dikenal.

Hasil awal setelah mendapatkan pekerjaan pada akhir 2015 tidak positif, tetapi FA mendapat balasan dari kesabaran mereka- dan kestabilan itu terbayar dengan cara yang spektakuler.

Yang mengherankan, pria 44 tahun itu menyatakan bahwa Goran Pandev adalah panutannya saat masih bermain, dan sekarang dia cukup beruntung bisa bekerja dengannya sebagai pelatih

PEMAIN BINTANG: GORAN PANDEV

Striker serba bisa, yang saat ini kebanyakan bermain di lini tengah, tiba di Italia pada 2001 dan mencetak 100 gol di Serie A selama dua dekade.

Dia memenangkan Liga Champions bersama Inter Milan pada 2010, dan menikmati masa-masa hebat di Lazio serta Napoli.

Pada usia 37 tahun, dia merasa seperti pemain dari masa lalu, namun Pandev menunda pensiunnya untuk mengikuti kualifikasi Euro 2020 dan mencetak gol kemenangan bersejarah melawan Georgia hingga menangis bahagia.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Dimitrievski

Nikolov
Ristovski
Velkovski
Musliu
Alioski

Ademi
Bardhi
Elmas
Pandev

Trajkovski

BINTANG MUDA: ELJIF ELMAS

Dengan mencetak gol kemenangan melawan Jerman, pemain berusia 21 tahun itu telah menulis namanya di buku sejarah Makedonia Utara, tetapi lebih banyak yang diharapkan dari pria yang seharusnya menjadi pewaris terakhir Pandev.

Angelovski mengenalnya lebih baik dari siapa pun; pelatih yang menjadikannya pemain termuda di liga Macedonia di Rabotnicki pada tahun 2015.

Setelah bergabung dengan Napoli dari Fenerbahce dua tahun lalu, Elmas sering dimainkan sebagai pemain pengganti, tetapi untuk negaranya dia adalah starter yang tidak perlu dipersoalkan oleh sebagian besar permainan melewati dia.

 JADWAL

13 Juni
Austria vs Makedonia Utara
Arena Naţională - Bucharest


17 Juni
Ukraina vs Makedonia Utara
Arena Naţională, Bucharest


21 Juni
Makedonia Utara vs Belanda
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam

UKRAINA

Ukraina gagal memenangkan satu poin atau bahkan mencetak gol di Euro 2016 dan absen di Piala Dunia 2018 secara bersamaan. Dalam konteks itu, kampanye kualifikasi mereka yang mulus dan percaya diri disambut dengan antusiasme yang tidak terbatas.

Kemenangan 5-0 atas Serbia pada Juni 2019 merupakan salah satu pertandingan tim nasional terbaik sejak runtuhnya Uni Soviet, dan tim ini berhasil menyatukan negara yang porak poranda akibat perang saudara.

Beberapa hasil di Nations League dan kualifikasi Piala Dunia 2022 memang mengecewakan, namun momentum positifnya masih terasa.

Ukraina mendekati turnamen dengan perasaan percaya diri.

PELATIH: ANDRIY SHEVCHENKO

Bisa dibilang ia merupakan pemain Ukraina terhebat yang pernah ada, namun Shevchenko tidak diduga akan menjadi seorang pelatih top.

Penunjukannya pada 2016 disambut dengan skeptisisme, dan banyak yang memperkirakan ia akan dipecat setelah kegagalan kualifikasi Piala Dunia, namun Shevchenko membuktikan bahwa para peragu itu adalah salah.

Mantan superstar AC Milan ini telah membangun tim yang menarik, yang disiplin di lini tengah, namun berpola pikir menyerang. Secara alami, ia adalah bintang terbesar, bahkan ketika berada di bangku cadangan, tapi itu hanya membantu menghilangkan tekanan dari para pemainnya.

Sheva menunda masa pensiunnya untuk membintangi Euro 2012 sebagai seorang striker, dan sekarang saatnya dia mengukir sejarah sebagai seorang pelatih.

PEMAIN BINTANG: OLEKSANDR ZINCHENKO

Ketika Zinchenko bergabung dengan Manchester City pada 2016 sebagai salah satu rekrutan pertama Pep Guardiola, mantan striker Liverpool, Andriy Voronin, berkomentar: "Ia hanya bisa mendapat peluang di sana di PlayStation".

Ia salah. Gelandang bertubuh kekar itu telah bertransformasi menjadi bek kiri yang sangat disiplin, menjadi bagian penting dari skuad yang berotasi, dan terbukti sangat penting dalam perjalanan ke final Liga Champions musim ini.

Untuk tim nasional, Zinchenko masih tampil di posisi aslinya di lini tengah - dan secara bertahap dia menjadi pemimpin. 

Permainan Ukraina melalui dirinya.

PREDIKSI SUSUANAN PEMAIN

Bushchan

Karavaev
Zabarnyi
Matvienko
Sobol

Makarenko
Zinchenko
Malinovskyi

Yarmolenko
Yaremchuk
Tsyhankov

 BINTANG MUDA: ILYA ZABARNYI

Promosi ke skuad tim utama Dinamo Kiev pada September karena krisis cedera, lulusan akademi berusia 18 tahun itu mengalami peningkatan yang pesat di bawah asuhan Mircea Lucescu.

Setelah memenangkan gelar juara di musim debutnya, bek tengah yang tinggi, disiplin, dan berbakat secara teknis ini masuk ke dalam daftar pemain inti di Euro 2020.

 JADWAL

13 JunI
Belanda vs Ukraina
Johan Cruijff ArenA, Amsterdam


17 Juni
Ukraina vs Makedonia Utara
Arena Naţională, Bucharest


21 Juni
Ukraina vs Austria
Arena Naţională, Bucharest

GRUP D

KROASIA

Segalanya tidak berjalan mulus bagi finalis Piala Dunia 2018 selama tiga tahun terakhir.

Kroasia gagal menemukan pengganti yang layak untuk kiper Danijel Subasic dan bintang lini depan Mario Mandzukic yang pensiun dari timnas setelah kampanye bersejarah di Rusia.

Hasil di Nations League sangat mengecewakan. Begitu pun di Kualifikasi Euro, termasuk hasil buruk seperti kekalahan dari Hongaria dan hasil imbang kontra Azerbaijan, belum lagi memulai Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan kekalahan dari Slovenia.

Kualitas pemain di lini tengah tidak perlu dipersoalkan, tapi secara kesuluruhan tim ini melempem pasca-pencapaian sensasional pada hajatan sepakbola empat tahunan paling prestisius di dunia tersebut.

PELATIH: ZLATKO DALIC

Belum kesohor sebelum Piala Dunia, dan keterpilihannya dianggap sebagai janji politik oleh Federasi Sepak Bola Kroasia, Dalic ujug-ujug menjadi kesayangan publik pada 2018.

Kesuksesan itu membuatnya nyaris tidak tersentuh saat pelatih lain bisa dengan mudah dipecat imbas hasil buruk selama tiga tahun terakhir.

Dalic cuma melatih di kompetisi Timur Tengah sebelum dipercaya jadi pelatih timnas Kroasia 2017, dan taktiknya terkadang dipertanyakan.

PEMAIN BINTANG: LUKA MODRIC

Sang maestro Real Madrid ini bakal berusia 36 tahun pada September mendatang, tapi durasi kontraknya tetap ditambah baru-baru ini. Ia masih menjadi salah satu yang terbaik dalam bisnis klub.

Aman dikatakan, Modric tampil luar biasa dalam dua musim terakhir di LaLiga seusai sempat alami penurunan performa, dan justru terlihat semakin kuat secara fisik.

Pentingnya sang kapten bagi timnas tidak bisa dibantah, utamanya setelah Ivan Rakitic memutuskan pensiun, dan keberhasilan Kroasia sangat bergantung pada gelandang yang memenangkan Ballon d'Or edisi 2018 ini.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Livakovic

Vrsaljko
Lovren
Vida
Barisic

Brozovic
Modric
Kovacic

Brekalo
Kramaric
Perisic

BINTANG MUDA: JOSKO GVARDIOL

Ada banyak properti panas yang sangat menjanjikan di Kroasia, tapi hanya sedikit yang mendapat telepon dari Dalic, yang merupakan masalah utama dalam skuad yang menua.

Bek kiri Lille berusia 21 tahun ini bisa menjadi anggota termuda di skuad, dan bahkan mungkin memulai dalam posisi yang secara historis bermasalah.

Hobi menyisir sisi kanan pertahanan lawan, Bradaric mencetak gol penting melawan Inggris pada ajang Euro U-21 Maret lalu, yang sekaligus membantu Kroasia lolos ke perempat-final.

 JADWAL

13 Juni
Inggris vs Kroasia
Wembley Stadium, London


18 Juni
Kroasia vs Republik Ceko
Hampden Park, Glasgow


22 Juni
Kroasia vs Skotlandia
Hampden Park, Glasgow

REPUBLIK CEKO

Era Pavel Nedved dan Tomas Rosicky sudah lama berlalu; Ceko absen di tiga Piala Dunia terakhir, gagal total di Euro 2016, dan kini mereka sangat mencari alasan untuk bisa bersikap optimis.

Kembalinya Tomas Soucek sangat menggembirakan, sementara potensi Adam Hlozek sangat menakjubkan, tetapi secara keseluruhan, skuad mereka kurang memiliki kualitas yang bisa bersaing.

Republik Ceko kesulitan menemukan konsistensi di zaman pandemi corona ini, dan mereka menyerah pada Wales dalam kualifikasi Piala Dunia, Maret lalu.

PELATIH: JAROSLAV SILHAVY

Inilah pria yang merupakan bagian dari kesuksesan besar Ceko di awal abad ini sebagai asisten Karel Bruckner yang legendaris.

Silhavy telah berkembang menjadi profesional dengan caranya sendiri, memenangkan gelar kejuaraan bersama Slovan Liberec pada 2012 dan Slavia Prague di 2017, dan menjadi pilihan populer untuk timnas pada 2018, menggantikan Karel Jarolim.

Mengalahkan Inggris di kualifikasi Euro 2020 adalah salah satu hal terpenting dalam karier mereka sejauh ini.

PEMAIN BINTANG: TOMAS SOUCEK

Soucek selalu tampil di Liga Primer musim ini, dan mudah untuk mengetahui mengapa gelandang berpostur tinggi itu sangat penting untuk rencana David Moyes di West Ham.

Dia adalah pelari tak kenal lelah yang juga merupakan ancaman besar jika berada di depan, terutama dari eksekusi bola mati.

Dia menjadi Pemain terbaik Republik Ceko pada 2019 dan 2020, dan Soucek mencetak hat-trick pertamanya musim ini untuk timnas dalam kemenangan 6-2 atas Estonia, Maret lalu, dan berkembang pesat menjadi pemain bintang sejati.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Vaclik

Coufal
Kalas
Celustka
Boril

Kral
Soucek

Masopust
Darida
Jankto

Schick

 BINTANG MUDA: ADAM HLOZEK

Wonderkid Sparta Prague yang berusia 18 tahun Hlozek adalah harapan terbesar negara ini, dan ada kemungkinan bahwa remaja tersebut dapat mencapai level pendahulunya yang hebat.

Predator yang tajam di kotak penalti, dia juga mampu bermain di kedua posisi sayap. Cepat dan berbakat secara teknis meskipun sangat tinggi, dan menerima penghargaan NXGN 2021.

Hlozek melewatkan sebagian besar musim karena patah tulang metatarsal, tetapi masih menambah jumlah capsnya dan mencetak gol perdananya di timnas.

Akankah Silhavy cukup berani untuk bertaruh pada pemain yang sejauh ini hanya memiliki dua caps?

JADWAL

14 Juni
Skotlandia vs Republik Ceko
Hampden Park, Glasgow


18 Juni
Kroasia vs Republik Ceko
Hampden Park, Glasgow


22 Juni
Republik Ceko vs Inggris
Wembley Stadium, London

INGGRIS

Harapan membubung tiap kali Inggris berpartisipasi dalam turnamen besar, dan itulah mengapa tim seperti alergi untuk oke di sana.

Namun, kali ini, mungkin lebih baik untuk dengan sepenuh hati optimistis pada peluang si Tiga Singa.

Manajer Gareth Southgate punya bagasi talenta di banyak posisi, ditambah striker kelas dunia dalam diri Harry Kane. Silakan pilih gelandang serta winger muda kreatif, gelandang bertahan menjanjikan, Declan Rice, dan banyak pilihan di sektor full-back.

Modal Inggris yakni pengalaman positif cicipi semi-final Piala Dunia 2018 dan kini saatnya maju satu langkah ke depan.

PELATIH: GARETH SOUTHGATE

Southgate kelimpahan melatih timnas Inggris hampir secara tidak sengaja pasca-pengunduran diri Sam Allardyce yang menghebohkan pada September 2016, tapi ia buktikan bahwa penunjukan sementara tersebut layak dipermanenkan.

Southgate tahu bahwa aspek psikologis lebih penting ketimbang taktik, dan ia terbilang berhasil memuluskan transisi generasi tanpa masalah besar.

Inggris arahannya adalah kesayangan bangsa selama Piala Dunia 2018, dan kini komposisi skuadnya jauh lebih kuat dan lebih dalam.

Mampukah pria yang gagal mengeksekusi penalti nan menentukan dalam adu penalti di semi-final melawan Jerman pada Euro 96 menebus kesalahan 25 tahun kemudian?

PEMAIN BINTANG: HARRY KANE

Sulit untuk melebih-lebihkan betapa pentingnya kehadiran Kane bagi Inggris. Ia kapten tim, salah satu pemain paling berpengalaman dalam skuad yang relatif muda sekaligus striker paling berbahaya yang tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Bomber Tottenham Hotspur itu terhitung pemain serbabisa, mampu mencetak gol dari sudut manapun dan telah menambahkan kemampuan ‘playmaking’ dan assist ke repertoarnya sejak musim lalu.

Sempat diejek lantaran mengambil tendangan sudut pada Euro 2016, peraih Sepatu Emas Piala Dunia itu bisa menjadi berita utama yang berbeda kali ini.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Pickford

James
Stones
Maguire
Chilwell

Bellingham
Rice
Mount


BINTANG MUDA: JUDE BELLINGHAM

Bellingham—yang finis kelima di NXGN 2021—telah menegaskan perkembangan fenomenal selama musim pertamanya di Borussia Dortmund.

Mantan gelandang Birmingham City itu tampil dengan sangat mengesankan ketika timnya secara tidak beruntung disingkirkan Manchester City pada perempat-final Liga Champions, mencetak satu gol yang dianulir dengan tidak adil dan gol pembuka.

Debutan termuda ketiga timnas Inggris itu agaknya dalam perjalanan menuju status mega bintang, dan tidak terbesit sebelumnya bahwa pemain berusia 17 tahun itu berpeluang besar menjadi starter pada musim panas ini.

 JADWAL

13 Juni
Inggris vs Kroasia
Wembley Stadium, London


18 Juni
Inggris vs Scotlandia
Wembley Stadium, London


22 Juni
Republik Ceko vs Inggris
Wembley Stadium, London

SKOTLANDIA

Lolos ke turnamen besar pertama mereka sejak 1998 telah membuat seluruh Skotlandia bahagia.

Tim ini sangat terbatas, permulaan yang buruk dan kualifikasi dicapai berkat dua kemenangan adu penalti atas Israel dan Serbia di play-off Nations League, tetapi itu tidak penting sekarang.

Yang paling penting adalah, bahwa negara ini akan ambil bagian dalam Euro 2020 yang akan menggelar pertandingan di Glasgow.

Hasil di kualifikasi Piala Dunia 2022 memang mengecewakan, yang membuat Skotlandia perlu meningkatkan kualitas tim untuk terhindar dari rasa malu.

PELATIH: STEVE CLARKE

Legenda Chelsea sebagai pemain, Clarke bekerja sebagai asisten Jose Mourinho dan Kenny Dalglish di awal masa kariernya di dunia kepelatihan.

Dia menggantikan Alex McLeish sebagai pelatih Skotlandia pada Mei 2019 setelah kekalahan menyakitkan 3-0 atas Kazakhstan, dan telah membuktikan dirinya sebagai motivator yang baik di setiap pertandingan penting. 

Pria berusia 57 tahun itu lebih menyukai formasi dengan tiga bek, dengan dua bek sayapnya yang bisa membantu serangan sesering mungkin.

PEMAIN BINTANG: ANDY ROBERTSON

Skotlandia tetap memerlukan pemain hebat Liverpool tersebut, dan tentu saja dia adalah kaptennya.

Setelah naik dari yang tidak dikenal di Queens’ Park Rangers menjadi juara Liga Champions dan Liga Primer di Anfield, Robertson juga menjadi inspirasi dan kapten timnas yang disegani.

Seorang pemain yang mampu memberikan umpan lambung dengan akurat dan pemberi assist yang hebat, dia menyukai peran bebasnya di sayap untuk Skotlandia. Sama seperti kebanyakan rekan satu timnya di Liverpool, dia tidak dalam kondisi terbaiknya selama musim 2020/21.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Marshall

Hendry
Hanley
Tierney

O'Donnell
McTominay
McGregor
Robertson

McGinn
Fraser

Dykes

 BINTANG MUDA: BILLY GILMOUR

Skotlandia masih menunggu debutan pertama yang lahir di tahun 2000-an, tetapi seorang pemuda ajaib akhirnya mendapat kesempatan dalam skuad.

Gilmour jelas merupakan prospek cerah, dan sangat dipandang tinggi di akademi Chelsea sejak bergabung dari Rangers empat tahun lalu.

Pemain berusia 19 tahun ini, yang masuk dalam daftar NXGN 2020, adalah sosok deep-lying playmaker mumpuni dan memiliki visi yang luar biasa, dan dia tampil mengesankan setiap diberi kesempatan bermain di Stamford Bridge.

Namun, kesempatan itu tidak terlalu banyak. Ditambah keengganan mantan manajer Chelsea Frank Lampard untuk meminjamkan Gilmour guna mendapatkan pengalaman berpotensi mengganggu tempatnya di Skotlandia.

JADWAL

14 June
Skotlandia vs Republik Ceko
Hampden Park, Glasgow


18 Juni
Inggris vs Skotlandia
Wembley Stadium, London


22 Juni
Kroasia vs Scotlandia
Hampden Park, Glasgow

GRUP E

POLANDIA

Bersama striker terbaik di dalam barisan mereka, Polandia seharusnya bisa menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2018 lalu. Nahas, tersingkir dini di babak grup, kini mereka enggan berangan-angan terlalu tinggi. 

Polandia sendiri melaju mulus ke putaran final Euro 2020 dari grup yang relatif enteng, akan tetapi pelatih Jerzy Brzeczek gagal menemukan kesepahaman dengan Robert Lewandowski dan akhirnya digantikan pada Januari 2021 setelah menuai rentetan hasil buruk di kancah Nations League.

Pertanyaan terbesar sekarang, apakah skuad ini mampu memberi servis terbaik untuk supertar mereka itu?

PELATIH: PAULO SOUSA

Pemecatan Brzeczek sebetulnya tidak terlalu mengejutkan, justru pengganti yang mengejutkan banyak pihak.

Mantan bintang Portugal, Sousa, merupakan gelandang fenomenal, tapi karier kepelatihannya bersama Hungaria, Israel, Swiss, Italia, Tiongkok dan Prancis hampir tidak menunjukkan kredensial untuk menjadi pelatih asing timnas kedua setelah Leo Beenhakker.

Ini perjudian yang terbilang besar, sebab tim secara taktikal telah berubah menjadi tiga bek dan prioritasnya adalah membuat Lewandowski sebahagia dan senyaman mungkin.

PEMAIN BINTANG: ROBERT LEWANDOWSKI

Pemain Polandia dengan caps terbanyak, mesin gol terbaik di negara itu, striker Bayern Munich Robert Lewandowski terus melanjutkan perkembangannya di usia 32 tahun.

Dia mungkin layak memenangkan Ballon d'Or 2020 setelah memimpin klub meraih treble historis dan sekali lagi berada di form terbaiknya musim ini usai memecahkan rekor gol satu musim Bundesliga milik Gerd Muller.

Sayangnya dia gagal membawa Polandia berjaya di panggung yang lebih besar, seiring performanya di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 terbilang mengecewakan.

Jadi, bijak dikatakan jika Lewandowski masih punya 'utang' yang harus dibayar di musim panas sekarang!

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Szczesny

Bereszynski
Helik
Glik
Bednarek
Rybus

Krychowiak
Moder
Zielinski

Lewandowski
Milik

 BINTANG MUDA: KACPER KOZLOWSKI

Cukup mengejutkan ketika playmaker 17 tahun milik Pogon Szczezin, Kozlowski, melakoni debut internasional di kualifikasi Piala Dunia Maret lalu, tapi dia memang pantas mendapatkan itu.

Dipantau oleh deretan pemandu bakat dari klub-klub top Eropa sejak mencuat di kompetisi kasta teratas saat usianya baru 15 tahun, di Polandia dia dikenal karena kreativitasnya, umpan-umpannya yang luar biasa dan tembakan ganas dari jarak berapa pun.

Masuk akal bagi Sousa membawanya terlibat di turnamen ini, setidaknya untuk menambah opsi di bangku cadangan.

JADWAL

14 Juni
Polandia vs Slowakia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


19 Juni
Spanyol vs Polandia
Estadio La Cartuja, Sevilla


23 Juni
Swedia vs Polandia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg

SLOWAKIA

Slowakia mengambil pertaruhan besar dengan memecat pelatih Pavel Hapal di tengah play-off Nations League Oktober lalu, tapi berhasil mencapai putaran final Euro berkat kemenangan dramatis di extra-time menghadapi Irlandia Utara.

Potensi skuad terbilang bagus, tapi hasil-hasil yang mereka peroleh inkonsisten. Kualifikasi Piala Dunia dimulai dengan raihan imbang yang merugikan saat menghadapi Siprus dan Malta - hanya diikuti satu kemenangan genting atas Rusia.

Slowakia sempat masuk dalam headline Euro 2016 ketika mereka menembus babak 16 besar, namun ekspektasi di turnamen edisi sekarang cukup rendah. Tapi hal itu sebetulnya bisa jadi 'modal' bagi mereka.

PELATIH: STEFAN TARKOVIC

Jan Kozak, yang mengundurkan diri sebagai pelatih Slowakia 2018 lalu, secara khusus meminta agar pengganti dirinya adalah asistennya sendiri, Tarkovic.

Namun, FA Slowakia memutuskan berbeda dengan menunjuk Hapal, sementara Tarkovic dipromosikan untuk mengemban peran direktur teknik. 

Namun, setahun kemudian, dia menerima job pelatih kepala dengan cara yang dramatis.

Pria 48 tahun itu mengklaim, tugas terpentingnya adalah mengembalikan atmosfer kebersamaan dan persatuan di ruang ganti. Menarik dinanti apakah dia bisa bertanggung jawab dengan tugas baru ini.

PEMAIN BINTANG: MAREK HAMSIK

Pemain dengan caps terbanyak di Slowakia dan topskor sepanjang masa timnas, Hamsik adalah legenda. 

2019, dia hijrah ke Tiongkok setelah menjadi salah satu pemain paling berharga di Napoli dalam pengabdian 12 tahun lamanya.

Dalam rangka membesarkan peluang untuk tampil di Euro, pemain 33 tahun itu secara sensasional kembali ke eropa di awal tahun ini untuk menandatangani kontrak di Goteborg.

Sulit dibayangkan tim ini tanpa dirinya yang melepaskan tembakan dari tengah.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Dubravka

Pekarik
Vavro
Skriniar
Hancko

Hrosovsky
Kucka
Hamsik

Duda
Bozenik
Rusnak

BINTANG MUDA: TOMAS SUSLOV

Punya versatilitas, penyerang berkaki kiri yang doyan bermain di sayap kanan ini mencatatkan debut untuk Groningen musim ini dengan perasaan campur aduk: masuk ke lapangan untuk menggantikan bintang yang cedera, Arjen Robben, setelah legenda Belanda ini kembali ke klub masa kanak-kanaknya.

Remaja berbakat 18 tahun ini bisa melesat tanpa bola dan juga punya akselerasi luar biasa saat menggiring bola, dan tentunya dia mampu melakukan cut-inside memanfaatkan kaki terkuatnya.

Musim pertamanya di Eredivisie begitu menjanjikan, dan sang pemuda telah menembus skuad senior Slowakia November lalu.

JADWAL

14 Juni
Polandia vs Slowakia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


18 Juni
Swedia vs Slovakia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


23 Juni
Slowakia vs Spanyol
Estadio La Cartuja, Sevilla

SPANYOL

Sejak Piala Dunia 2018, performa Spanyol agak tidak konsisten, ini diakibatkan oleh banyaknya pilihan pemain di dalam skuad dan membuat pelatih Luis Enrique kesulitan membuat susunan pemain yang stabil.

Dengan banyaknya pemain bintang berjibaku demi mendapat posisi di lapangan, susunan pemain sering berganti, hingga kini masih sulit memprediksi taktik optimal menjelang turnamen.

Spanyol tentunya merupakan salah satu favorit untuk juara, namun harus mempertontonkan performa layaknya saat mereka melibas Jerman 6-0 November lalu alih-alih seperti saat mereka dipermalukan Ukraina 1-0 sebulan sebelumnya.

PELATIH: LUIS ENRIQUE

Seorang figur populer di seluruh Spanyol, jika bicara pelatih tim nasional, biasanya tidak selalu demikian. 

Pria 51 tahun itu, yang mempersembahkan trigelar bersejarah bagi Barcelona di musim pertamanya menangani mereka 2015 lalu, mengambil alih tim nasional setelah mereka dipermalukan di Piala Dunia, dan berhasil menjaga keharmonisan tim meski terus-menerus mengganti skuad dan susunan pemain.

Luis Enrique adalah bagian dari tim yang kalah dari Inggris di perempat-final Euro 96, dan berharap bisa mencapai Wembley lagi kali ini.

PEMAIN BINTANG: THIAGO ALCANTARA

Disebut-sebut sebagai salah satu gelandang paling berbakat di generasinya, Thiago hanya memiliki 41 caps untuk Spanyol di usia 30 tahun.

Dia punya peran penting bagi tim U-21 ketika memenangkan Kejuaraan Eropa pada 2011 dan 2013, tetapi belum menorehkan tinta emas di tim senior.

Playmaker elegan ini menyelesaikan musim pertamanya di Liverpool dengan apik, dan berharap bisa memenangkan trofi internasional, berselang 27 tahun setelah ayahnya, Mazinho, mengangkat Piala Dunia bersama Brasil.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Simon

M.Llorente
Laporte
P.Torres
Alba

Rodri
Thiago
Pedri

F. Torres
Moreno
Olmo

 BINTANG MUDA PEDRI

Dibandingkan dengan Andres Iniesta berkat keterampilan playmaking yang licin, Pedri memulai karier Barcelona-nya dengan sensasional setelah diboyong dari klub divisi kedua Las Palmas. 

Pemain 18 tahun itu, yang finis keempat di NXGN 2021, adalah andalan Ronald Koeman, bermain dalam frekuensi yang sama bersama Leo Messi dengan mulus, dan bisa menjadi salah satu pemain terhebat di generasinya.

JADWAL

14 Juni
Spanyol vs Swedia
Estadio La Cartuja, Sevilla


19 Juni
Spanyol vs Polandia
Estadio La Cartuja, Sevilla


23 Juni
Slowakia vs Spanyol
Estadio La Cartuja, Sevilla

SWEDIA

Persiapan Swedia untuk turnamen ini berubah total Maret lalu saat Zlatan Ibrahimovic memutuskan kembali beraksi dengan mengejutkan - dan mesti dirombak lagi saat Mei karena cedera mencegahnya mengikuti turnamen.

Pelatih Janne Andersson membangun skuad yang berimbang tanpa sang striker legendaris, setelah pensiun 2016 lalu, dan Swedia meraih salah satu hasil terbaik mereka baru-baru ini ketika mencapai perempat-final Piala Dunia 2018.

Andersson mengklaim berkali-kali bahwa Ibrahimovic tidak akan dipanggil kembali, namun hasil mengecewakan di Liga Nations tahun lalu bisa jadi berkontribusi atas perubahan pikirannya.

Setelah ikon AC Milan itu tidak bisa ikut turnamen, Swedia tentu ingin membuktikan bahwa ia memang tak pernah dibutuhkan.

PELATIH: JANNE ANDERSSON

Pria 58 tahun itu tidak pernah memainkan sepakbola profesional dan perkembangannya sebagai pelatih perlahan tapi pasti.

Ia lalu memenangkan gelar liga Swedia bersama Norrkoping di waktu terbaik, 2015, dan itu membuat dirinya dipilih menjadi pengganti Erik Hamren untuk mengisi pos tim nasional pasca Euro 2016.

Kualitas terbaik Andersson adalah kemampuannya untuk mengembangkan pemain muda dan membangun tim di mana keseluruhan tim berperan lebih besar ketimbang tiap individu.

PEMAIN BINTANG: EMIL FORSBERG

Forsberg mengejutkan banyak pihak di Swedia 2015 lalu saat memutuskan hijrah dari Malmo ke tim divisi kedua RB Leipzig, namun keputusan itu terbukti tepat, dan pria Swedia itu menjadi pilar penting kebangkitan Leipzig di Bundesliga.

Setelah kakeknya Lennart - seorang mantan pesepakbola - meninggal September lalu saat berusia 92, Emil mendedikasikan performanya bagi kakeknya dan menikmati musim yang sangat positif.

Dia sumber utama improvisasi di tim nasional, dan meraih status legenda karena mencetak gol kemenangan kontra Swiss di 16 besar Piala Dunia 2018.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Olsen

Lustig
Lindelof
Helander
Augustinsson

Claesson
Olsson
Larsson
Forsberg

Kulusevski
Isak

 BINTANG MUDA: DEJAN KULUSEVSKI

Sebelum kembali ke skuad, Ibrahimovic sering mengkritik Andersson karena jarang memanggil Kulusevski.

Penyerang 21 tahun itu jelas merupakan prospek cerah, baik saat diplot di sayap kanan maupun sebagai striker kedua.

Juventus membayar Atalanta €35 Juta (£30 Juta/$39 Juta) demi memboyong Kulusevski Januari 2020 lalu, dan musim pertamanya dimulai di Turin sebelum ia berangsur kehilangan performa di 2021.

Swedia memerlukannya di level terbaiknya karena ia menawarkan kombinasi ciamik antara kekuatan, kecepatan, keterampilan teknis, dan pengambilan keputusan yang cerdas.

JADWAL

14 Juni
Spanyol vs Swedia
Estadio La Cartuja, Sevilla


18 Juni
Swedia vs Slowakia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg


23 Juni
Swedia vs Polandia
Saint Petersburg Stadium, St Petersburg

GRUP F

PRANCIS

Juara dunia ini menunjukkan konsistensi luar biasa sejak mengangkat trofi Piala Dunia di Luzhniki Stadium pada 2018. 

Solid di lini belakang, seperti yang biasa terlihat dalam skuad Didier Deschamps, mereka tidak selalu bermain menghibur. Bagaimanapun juga, potensi mereka sungguh mengerikan dan skuad yang dimiliki sangat dalam di semua posisi.

Dengan Antoine Griezmann kembali ke performa terbaik untuk Barcelona di saat yang tepat, dan Karim Benzema kembali ke skuad untuk pertama kali sejak 2015, lini depan mereka mungkin bisa sekuat pertahanan mereka kali ini.

Prancis kalah di pertandingan final pada Euro 2016 di kandang sendiri, tetapi mereka jelas menjadi salah satu favorit kuat tahun ini.

PELATIH: DIDIER DESCHAMPS

Ia memenangkan Piala Dunia sebagai kapten pada 1998 dan juga mengangkat trofi Euro pada 2000.

Dia kemudian menjuarai Piala Dunia sebagai pelatih pada 2018, dan sekarang ingin menuntaskan quadruple sensasional yang nyaris tak terbayangkan. 

Taktiknya terkadang mungkin sedikit terlalu berhati-hati, dan Prancis bisa menerapkan gaya lebih menarik dengan mempertimbangkan talenta yang mereka miliki, tetapi untuk saat ini, konyol untuk mempertanyakan kompetensi salah satu figur terbesar dalam sejarah sepakbola.

PEMAIN BINTANG: N'GOLO KANTE

Tujuh puluh persen dari Bumi ditutupi oleh air, sisanya oleh N'Golo Kante. Ini masih tepat – bahkan mungkin lebih dari sebelumnya.

Pemain yang menjadi mesin utama keberhasilan Leicester City menjadi juara Liga Primer Inggris pada 2016 ini semakin meningkatkan kualitas permainannya, terutama saat membantu penyerangan - dan musimnya bersama Chelsea cukup spektakuler, dengan performa menghadapi Real Madrid di semi-final Liga Champions yang sangat istimewa.

Dengan taktik Deschamps, sosok dengan kapasitas paru-paru tak terbatas ini bisa memiliki peran yang lebih penting untuk meraih kesuksesan dibanding pemain lain.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Lloris

Pavard
Varane
Kimpembe
Lucas Hernandez

Kante
Pogba

Coman
Griezmann
Mbappe

Benzema

 BINTANG MUDA: KYLIAN MBAPPE

Ia memenangkan anugerah pemain muda terbaik di Piala Dunia, tetapi sekarang - tiga tahun kemudian - sosok 22 tahun ini sudah menjadi superstar.

Memiliki kecepatan tinggi, cerdas dalam mengambil keputusan dan buas di depan gawang membuat pemain Paris Saint-Germain ini menjadi salah satu sosok yang paling menyenangkan untuk ditonton di dunia sepakbola.

Dia dipandang sebagai calon pemenang Ballon d’Or, dan itu bisa saja tiba tahun ini jika ia mampu membawa Prancis kembali meraih juara.

JADWAL

15 Juni
Prancis vs Jerman
Fußball Arena München, Munich


19 Juni
Hongaria vs Prancis
Puskás Aréna, Budapest


23 Juni
Portugal vs Prancis
Puskás Aréna, Budapest

JERMAN

Euro 2020 bakal menjadi momen perpisahan buat Joachim Low. Pada Maret lalu, pelatih pemenang Piala Dunia itu mengumumkan akan pensiun setelah 15 tahun bertugas. Atmosfer dan performa tim mendadak berubah secara signifikan setelah pengumuman itu.

Sebelumnya, situasi tak kondusif membayangi Jerman menyusul performa buruk mereka di Piala Dunia 2018 ditambah dengan kegagalan di Nations League, yang diwarnai kekalahan memalukan 6-0 dari Spanyol. 

Regenerasi pemain juga tidak berjalan mulus. Keputusan kontroversial Low untuk mendepak Thomas Muller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng malah menjadi senjata makan tuan.

Mereka pun diterpa kritik bertubi-tubi, tapi atmosfer tim kini sudah berbeda. Semuanya terlihat dalam satu komando seiring Jerman bersiap menyambut kedatangan Hansi Flick selepas Euro.


PELATIH: JOACHIM LOW

Pelatih 61 tahun ini akan tetap dikenang sebagai salah satu pelatih tim nasional terbaik dalam sejarah. 

Low adalah sosok di belakang layar yang bertanggung jawab terhadap revolusi sepakbola Jerman di Piala Dunia 2006 ketika menjadi asisten Jurgen Klinsmann.

Dia lalu memimpin skuad ini selama satu setengah dekade, dengan sukses melaju ke final Euro 2008, semi-final Piala Dunia 2010, dan tentu saja menjadi juara dunia pada 2014.

Dia seharusnya bisa mundur lebih dini. Namun, masa-masa sulit Low dalam beberapa tahun terakhir pada akhirnya akan dilupakan, terutama jika dia mampu juara Eropa di musim panas ini.

PEMAIN BINTANG: MANUEL NEUER

Dengan catatan yang mendekati 100 caps, kiper veteran Bayern Munich ini adalah kapten dan pemimpin skuad Jerman.

Dia adalah sosok legenda elegan, bukan hanya karena kemampuan tekniknya yang luar biasa dan kegemarannya menggiring bola di luar area penalti, tetapi juga yang terpenting adalah refleks fenomenalnya di depan gawang.

Neuer kembali ke performa terbaiknya setelah pulih dari serangkaian cedera dan ia memainkan peran besar dalam treble bersejarah Bayern pada 2020. 

Mengingat usianya sudah 35 tahun, ada potensi Neuer akan pensiun dari timnas setelah turnamen.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Neuer

Klostermann
Hummels
Rudiger
Gosens

Kroos
Kimmich
Goretzka

Sane
Muller
Gnabry

 BINTANG MUDA: JAMAL MUSIALA

Pada Juni 2020, Musiala melakoni debutnya untuk tim junior Bayern Munich di divisi ketiga. Pada Juni 2021, dia bisa menjadi bintang di Piala Eropa. 

Perkembangan Musiala benar-benar pesat, dan pemain 18 tahun itu bisa menjadi salah satu pemain terbaik di generasinya. 

Gelandang muda ini begitu eksepsional di ruang sempit, dan kematangannya jauh melebihi usianya. 

Lahir di Jerman dan menimba ilmu di akademi Chelsea, dia sempat memperkuat timnas junior Inggris sebelum Low dan pelatih Bayern Flick membujuknya untuk pindah.

JADWAL

15 Juni
Prancis vs Jerman
Fußball Arena München, Munich


19 Juni
Portugal vs Jerman
Fußball Arena München, Munich


23 Juni
Jerman vs Hongaria
Fußball Arena München, Munich

HONGARIA

Setelah gagal di babak kualifikasi reguler, Hongaria mendapat kesempatan kedua untuk menembus putaran final Euro 2020 lewat jalur play-off Nations League, dan berhasil menaklukkan Islandia yang jauh lebih difavoritkan berkat dua gol di menit-menit akhir.

Dua dari tiga laga Hongaria di fase grup bakal mentas di Budapest, jadi tak heran fans amat antusias menyambut turnamen ini. Terundi masuk grup neraka bersama Portugal, Prancis, serta Jerman, Hongaria bakal tampil tanpa beban dan hal itu bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Namun, peluang bagi Hongaria untuk mengulangi pencapaian lolos ke 16 besar pada Euro 2016 relatif tipis jika melihat kurangnya progres tim dalam lima tahun terakhir.

PELATIH: MARCO ROSSI

Pernah ditangani oleh nama-nama sekelas Mircea Lucescu dan Sven-Goran Eriksson semasa masih bermain, tidak mengherankan kalau Rossi menjadi pelatih bagus setelah terjun ke dunia manajerial.

Dia memahami sepakbola Hongaria luar-dalam setelah bekerja menukangi Budapest Honved dan mempersembahkan gelar juara liga pada 2017.

Pendekatannya yang cenderung konservatif dan hati-hati sangat cocok diterapkan untuk Hongaria yang biasa bertanding sebagai underdog, apalagi timnya memang kekurangan striker berkualitas.

Singkat kata, pelatih Italia ini adalah figur populer di kalangan fans Magyars.

PEMAIN BINTANG: PETER GULACSI

Pascaperiode yang tidak terlalu cemerlang di Inggris, terutama saat ia dipinjam Liverpool, karier Gulacsi melesat bersama dua klub milik Red Bull.

Sang kiper menghabiskan dua musim di Austria dengan Red Bull Salzburg sebelum hijrah menuju Jerman untuk memperkuat RB Leipzig sejak 2015.

Gulacsi kini telah mengukuhkan reputasi sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Bundesliga, dan merupakan suksesor sepadan untuk kiper legendaris Gabor Kiraly dalam skuad tim nasional Hongaria.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Gulacsi

Lang
Orban
Attila Szalai

Nego
Kalmar
Nagy
Kleinheisler
Hangya

Adam Szalai
Sallai

BINTANG MUDA: ATTILA SZALAI 

Bek tengah 23 tahun ini telah membuat kesan yang sangat positif sejak kepindahannya yang mengejutkan ke Fenerbache pada Januari lalu. Dengan cepat, dia menjadi salah satu bek yang paling banyak dibicarakan di Turki.

Kuat di udara, dia juga cukup bagus dalam menguasai bola, serta memiliki kaki kiri yang bagus.

Leicester, West Ham, dan Newcastle disebut-sebut jadi pelamar potensial di musim panas. Banyak pencari bakat bakal penasaran untuk melihat Szalai beraksi melawan Prancis, Portugal dan Jerman.

JADWAL

15 Juni
Hongaria vs Portugal
Puskás Aréna, Budapest


19 Juni
Hongaria vs Prancis
Puskás Aréna, Budapest


23 Juni
Jerman vs Hongaria
Fußball Arena München - Munich

PORTUGAL

Portugal adalah salah satu tim nasional tersukses dalam beberapa tahun terakhir; juara Euro 2016 itu menjuarai edisi perdana Nations League dan menjadi lebih kuat sejak kemenangan mereka di Prancis, dengan Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan Ruben Dias berkembang menjadi bintang kelas dunia.

Ada banyak opsi kuat nyaris di setiap posisi, dan bahkan memilih 26 pemain untuk skuad di turnamen terlihat rumit. Banyak pemain hebat yang harus ditinggal.

Sangat kuat dalam pertahanan dan sangat istimewa dalam menyerang, sang juara bertahan akan memainkan sepakbola yang lebih baik dari lima tahun lalu.

Mereka bisa dipandang sebagai tim yang paling sulit dikalahkan.

PELATIH: FERNANDO SANTOS

Menukangi sejak 2014, sosok tegas itu menjadi pelatih dengan masa bakti terlama di timnas Portugal dan ia seolah tidak bisa “disentuh” sejak meraih trofi pada 2016.

Setelah sukses membawa Yunani melaju ke Euro 2012, Santos akan merasakan pengalaman Euro ketiga secara beruntun.

Gayanya mungkin tidak yang paling menarik di mata, tetapi sosok berusia 66 tahun tersebut menjadi figur dengan otoritas tertinggi; karakter seperti itu diperlukan untuk mengelola begitu banyak bintang di ruang ganti.

Berpendidikan tinggi, ia memiliki gelar dalam teknik elektrik dan telekomunikasi, yang ia jalani saat aktif sebagai pemain.

PEMAIN BINTANG: CRISTIANO RONALDO

Bahkan dia usia 36 tahun, salah satu pemain terbaik sepanjang masa ini masih prima.

Meski menjalani musim yang cukup mengecewakan bersama Juventus, dengan standarnya, dia meraih rata-rata satu gol per laga.

Ronaldo adalah pesaing unik dan, setelah menjadi pemain kedua sepanjang masa yang mencetak lebih dari 100 gol di pentas internasional, ia bermimpi melewati rekor 109 gol Ali Daei musim panas ini.

Cristiano masyhur mengalami cedera pada awal putaran final 2016 dan ia kini bertekad untuk bermain 90 menit di Wembley pada 11 Juli mendatang.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Rui Patricio

Cancelo
Pepe
Ruben Dias
Nuno Mendes

Danilo
Moutinho
Fernandes

Bernardo Silva
Ronaldo
Felix

 BINTANG MUDA: NUNO MENDES

SSporting C.P. meraih juara liga perdana sejak 2002 dalam cara yang impresif musim ini, dan itu seolah menjadi simbol bahwa salah satu bintang terbesar mereka adalah lulusan akademi klub yang lahir pada tahun tersebut.

Nuno Mendes akan merayakan ulang tahunnya yang ke-19 pada Euro, dan musim penuh perdananya untuk The Lions berjalan sangat apik.

Kuat dalam tekel dan berbahaya saat maju, bek kiri yang doyan menyerang ini sangat konsisten dalam bermain hingga sekarang menjadi favorit menjadi starter untuk timnas di musim panas.

JADWAL

15 Juni
Hongaria vs Portugal
Puskás Aréna, Budapest


19 Juni
Portugal vs Jerman
Fußball Arena München, Munich


23 Juni
Portugal vs Prancis
Puskás Aréna, Budapest

FASE GUGUR

DAFTAR JUARA EURO

2016
PORTUGAL


2012
SPANYOL


2008
SPANYOL


2004
YUNANI


2000
PRANCIS


1996
JERMAN


1992
DENMARK


1988
BELANDA

1984
PRANCIS


1980
JERMAN BARAT


1976
CEKOSLOWAKIA


1972
JERMAN BARAT


1968
ITALIA


1964
SPANYOL


1960
UNI SOVIET