GOAL 50 2018 - INDONESIAN

Cristiano Ronaldo mungkin gagal memuncaki Goal 50 untuk ketiga kali secara beruntun, tetapi striker buas asal Portugal tersebut sukses membawa Real Madrid meraih gelar Liga Champions ketiga kali secara beruntun, pada Mei silam. Pemain 33 tahun itu menuntaskan turnamen sebagai topskor dengan 15 gol, yang termasuk salah satu gol terbaik sepanjang sejarah turnamen melalui golnya ke gawang Juventus pada perempat-final. Dia kemudian memeriahkan Piala Dunia dengan hat-trick ke gawang Spanyol sebelum mengejutkan dunia sepakbola melalui keputusannya bergabung dengan Juventus sebelum turnamen di Rusia selesai.

Setelah bergabung ke Liverpool dari AS Roma pada musim panas 2017, Mohamed Salah menikmati debut istimewa di Anfield, memecah rekor gol satu musim Liga Primer Inggris dengan 32 gol. Terlepas harapannya mengangkat trofi Liga Champions kandas karena cedera akibat berduel dengan Sergio Ramos, winger asal Mesir itu tetap mencatatkan 10 gol atas namanya, sementara ia juga membukukan dua gol di Piala Dunia 2018 meski memiliki masalah pada bahu dan hubungan yang kurang positif dengan federasi sepakbola negaranya.

Superstar terbaru di lapangan hijau, Kylian Mbappe mengikuti jejak gemilang Pele dengan mencetak gol di final Piala Dunia saat remaja. Penyerang gesit tersebut total membukukan empat gol bersama timnas Prancis yang akhirnya keluar sebagai juara di Rusia, sementara ia juga mencetak 21 gol dalam debutnya bersama Paris-Saint Germain.

Piala Dunia terbukti sebagai pengalaman yang kurang impresif bagi Lionel Messi, dengan Argentina harus tersingkir pada babak perempat-final (di tangan Prancis), tetapi La Pulga sangat brilian bersama Barcelona dengan mengantar Blaugrana meraih gelar ganda di ajang domestik musim lalu. Messi mencetak paling banyak gol (45) di semua ajang dibandingkan dengan pemain lain pada musim 2017/18, membukukan 34 gol di La Liga Spanyol yang mengantarnya meraih Sepatu Emas Eropa, dan juga tidak ada pemain di Spanyol yang mencetak lebih banyak assist (12) daripada pemain berusia 31 tahun tersebut.

Sangat luar biasa bagi Kevin De Bruyne untuk menciptakan assist dalam gol kemenangan di Southampton pada hari terakhir musim Liga Primer kemarin, yang kemudian mengantar Manchester City menjadi tim pertama dalam sejarah sepakbola Inggris yang mengumpulkan 100 poin. Itu adalah assist ke-21 dari pemain internasional Belgia tersebut, dengan ia juga sukses membantu negaranya finis di urutan ketiga di Piala Dunia, selagi ia tak ketinggalan terpilih sebagai man of the match di laga kontra Brasil.

Musim lalu berjalan sangat baik bagi Raphael Varane, yang menjadi pemain keempat dalam sejarah yang sukses menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama – dan usianya baru 25 tahun. Bek sentral berkelas ini menjadi tulang punggung saat Real Madrid meraih trofi Eropa ketiganya secara beruntun, juga ia turut bermain di setiap menit Piala Dunia 2018 di Rusia dan mencetak gol krusial melawan Uruguay di babak perempat-final.

Tidak ada penghargaan Sepatu Emas untuk kali ketiga beruntun bagi Harry Kane di musim Liga Primer kemarin karena penampilan hebat Mohamed Salah bersama Liverpool, namun bintang Tottenham Hotspur itu mendapati musim paling subur dengan mengemas 41 gol dari 48 penampilannya di semua kompetisi. Pemain berusia 25 tahun itu kemudian mengklaim gelar Sepatu Emas di Piala Dunia dengan lesakan enam gol dari enam penampilan, selagi Inggris mencapai semi-final untuk kali pertama sejak 1990.

Sergio Ramos mungkin punya pendapat berbeda, namun ini mudah untuk dipahami mengapa Antoine Griezmann meyakini dirinya berada di level sama seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pemain Prancis itu, yang mengemas 29 gol di semua kompetisi musim lalu, bisa menjebol gawang lawan di tiap putaran fase gugur dalam kampanye sukses Atletico Madrid di Liga Europa, termasuk dua golnya di final, juga ia mencetak empat gol untuk membantu Prancis mengangkat trofi Piala Dunia di Rusia.

Berpredikat sebagai bek kiri terbaik dunia dalam lima tahun terakhir, Marcelo dinilai jadi pemain Real Madrid yang paling konsisten ketika mereka sukses merengkuh Liga Champions. Pemain Brasil berusia 30 tahun ini tidak hanya bertahan dengan apik, dia juga mencetak gol di setiap babak gugur sampai melaju ke final - lawan PSG, Juventus dan Bayern Munich - sebelum memberikan servis atas terciptanya dua gol Gareth Bale di laga kontra Liverpool.

N'Golo Kante boleh saja musim ini bermain lebih ke depan di Chelsea, di mana dia memamerkan atribut menyerangnya dengan baik. Namun Goal 50 menyertakan dia berkat kehebatan defensif dia selama beberapa tahun terakhir. Gelandang tenaga kuda asal Prancis ini membuat intersep terbanyak dibanding pemain mana pun di Eropa [122] musim lalu untuk membantu Chelsea menjuarai Piala FA sebelum mengonfirmasi statusnya sebagai gelandang bertahan terbaik ketika Prancis kampiun Piala Dunia.

Chelsea memang bermasalah musim lalu, tetapi sayap andalan mereka Eden Hazard jauh dari kata bermasalah. Faktanya, hanya dua pemain di Eropa yang menciptakan peluang lebih banyak dibanding superstar Belgia itu [131], yang mengemas 17 gol di seluruh kompetisi - termasuk gol kemenangan di final Piala FA - sebelum merengkuh Silver Ball atas atraksi yang ditunjukkannya selama Piala Dunia [tiga gol, dua assist].

Superstar Manchester United Paul Pogba tampak mengalami periode sulit edisi 2017/18 di bawah komando Jose Mourinho, bahkan terlihat adanya masalah besar ketika dia dikesampingkan saat melawan Sevilla di Liga Champions, akan tetapi pemain Prancis ini membuktikan kelasnya di Rusia. Didier Deschamps berhasil menempatkannya di posisi yang cocok dengan atribut bermainnya. Pogba benar-benar tampil brilian untuk mengantarkan negaranya juara, bahkan mencetak gol di final kontra Kroasia.

Salah satu pemain Jerman yang kembali dari tugas Piala Dunia 2018 dengan reputasi memalukan bagi negaranya, Toni Kroos tidak hanya memainkan bola dengan indah tentunya. Dia juga menampilkan satu performa mentereng di Rusia: tendangan bebas di menit akhir untuk mengalahkan Swedia. Sang gelandang metronom juga jadi sosok integral untuk membawa Real Madrid mendulang tiga gelar Liga Champion secara beruntun, mencipta tiga gol di periode itu.

Pemimpin lini pertahanan terbaik di dunia, kapten Atletico Madrid Diego Godin menjadi target Manchester United pada bursa musim panas tapi pada akhirnya memutuskan bertahan di Spanyol. Pelatih Diego Simeone kini amat berharap pemain internasional Uruguay tersebut akan menandatangani kontrak baru, mengingat Godin merupakan fondasi kesuksesan Atleti dalam beberapa tahun terakhir.

Fans Barcelona sempat khawatir bakal kehilangan Samuel Umtiti pada akhir musim 2017/18, tapi klub pada akhirnya berhasil mengikat sang bek tengah dengan ikatan kontrak baru Juni lalu plus menaikkan klausul pelepasannya menjadi €500 juta. Itu merupakan langkah bijak mengingat Umtiti dibidik banyak tim menyusul performa dominannya dalam membantu Barca merengkuh gelar ganda sebelum berperan penting mengantar timnas Prancis ke tangga juara Piala Dunia 2018, di antaranya dengan mencetak gol tunggal dalam kemenangan atas Belgia di semi-final.

Dua rekannya di lini depan Paris Saint-Germain, Neymar dan Kylian Mbappe, mungkin menarik atensi lebih berkat kecepatan dan kemahiran dribel mereka, tetapi faktanya Edinson Cavani adalah topskor tim musim lalu dengan koleksi 40 gol hanya dalam 46 penampilan di semua kompetisi. El Matador juga menerbangkan Uruguay ke perempat-final Piala Dunia 2018 lewat sepasang gol briliannya kontra Portugal, dan mereka bisa jadi melangkah lebih jauh andai ia tak melewatkan partai melawan Prancis akibat cedera.

2017/18 menjadi musim gemilang untuk Sadio Mane, yang melewati rekor Demba Ba sebagai pemain Senegal tersubur sepanjang sejarah Liga Primer Inggris sebelum kemudian menjadi pemain pertama dari negaranya yang mencetak gol di final Liga Champions. Meski gagal mengangkat trofi, Sane berhasil mengukuhkan namanya sebagai salah satu winger terbaik dunia dengan membentuk trisula maut bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Gareth Bale didera masalah cedera di Real Madrid, namun alasan lain mengapa pemain asal Wales tersebut tidak mendapat banyak kesempatan di bawah Zinedine Zidane adalah Isco. Gelandang serang yang nilai klausul pembeliannya meroket menjadi €700 juta pada kampanye 2017-18 ini, mengemas sembilan gol dan sepuluh assist di berbagai kompetisi musim lalu kala Los Blancos mempertahankan titel Liga Champions.

Suka atau tidak, mustahil untuk tidak menghormati Sergio Ramos dan deretan gelar yang diraihnya. Bek Real Madrid ini musim lalu memang menjadi pemain dengan kartu merah terbanyak dalam sejarah La Liga, pun dengan tindakan kontroversi di final Liga Champions dengan bintang Liverpool Mohamed Salah, namun pilar 32 tahun ini tetap menggiring Los Blancos meraih gelar primer Eropa untuk ketiga kali beruntun.

Setelah menjadi bintang Liverpool di paruh pertama musim lalu dengan 12 gol dalam 20 penampilan di semua kompetisi, Philippe Coutinho akhirnya menunaikan impiannya pindah ke Barcelona pada Januari tahun ini dengan nilai £105 juta. Sang gelandang serang ini langsung beradaptasi di Camp Nou, berkontribusi sepuluh gol untuk mengantar the Catalans mengawinkan dua gelar domestik, termasuk satu di final Copa del Rey, sebelum menjadi salah satu dari sedikit kisah sukses Brasil di Rusia 2018.

Sebagai pusat kreatif di Tottenham Hotspur besutan Mauricio Pochettino, Christian Eriksen berkontribusi 14 gol dan 12 assist di semua kompetisi saat Spurs kembali melampaui ekspektasi musim lalu, dengan finis ketiga di Liga Primer dan menembus babak 16 besar Liga Champions. Gelandang serang cerdas ini juga membawa Denmark ke Piala Dunia 2018, mencetak hat-trick fantastis di leg kedua babak play-off dengan Republik Irlandia.

Setelah menghabiskan sepanjang musim pertamanya di Stadio Olimpico sebagai pelapis Wojciech Szczesny, Alisson membuktikan kelayakannya memakai jersey No.1 Brasil lewat performa impresif di musim 2017-18. Hanya Jan Oblak dan Marc-Andre ter Stegen yang mencatat clean-sheet lebih baik darinya, 22, dengan pemain 26 tahun ini berkali-kali membuat penyelamatan dalam sukses mengejutkan Roma melaju ke semi-final Liga Champions, dan performa heroiknya memuluskan transfer Alisson ke Liverpool senilai £67 juta.

Neymar mungkin menjadi 'Musuh Sepakbola No.1' dengan dramanya di Piala Dunia tapi masih ada banyak hal yang dikagumi dalam musim perdana sang bintang Brasil di Paris Saint-Germain. Sebelum kampanyenya dirusak oleh cedera, rekrutan senilai €222 juta dari Barcelona mengemas 28 gol dan menyuguhkan 16 assist dari hanya 30 penampilan di semua kompetisi, di saat PSG mengklaim empat trofi domestik.

Sekarang berusia 32 tahun namun Mario Mandzukic masih tetap pemain besar, seperti yang berulang kali dibuktikannya dalam beberapa tahun terakhir. Seperti saat mengemas sepasang gol babak pertama ketika Juventus memberikan perlawanan ketat pada Real Madrid dalam perempat-final Liga Champions di Santiago Bernabeu, lalu sang striker mencetak tiga gol di fase gugur bagi Kroasia di Piala Dunia, termasuk gol kemenangan di semi-final lawan Inggris.

David de Gea mungkin mengalami Piala Dunia yang buruk bersama Spanyol tapi tetap merupakan penjaga gawang yang secara konsistensi brilian di Inggris, masuk ke dalam skuat tahunan Liga Primer untuk keempat kalinya secara beruntun. Sang kiper spektakuler, yang masih berusia 28 tahun, juga mengklaim penghargaan 'Sarung Tangan Emas' setelah mencatatkan akumulasi 22 clean sheet musim lalu saat Manchester United menutup musim sebagai runner-up.

Kontrak Jan Oblak di Atletico Madrid tidak berakhir sebelum 2021 tapi sejumlah rekan-rekannya telah menunjukkan keinginan agar sang penjaga gawang internasional Slovenia diberi perpanjangan kontrak sesegera mungkin. Kegelisahan mereka bisa dipahami, memberikan klausul pembelian €100 juta terbilang cukup rendah bagi pemain berusia 25 tahun yang mencatatkan clean sheet terbanyak (29) ketimbang kiper lainnya di semua kompetisi musim lalu.

Ivan Rakitic hanya mencetak empat gol pada musim lalu--kembalinya karier Barcelona-nya yang terendah hingga saat ini--tapi ia menjalani musim yang paling berpengaruh sejak 2014/15, dengan memberi perlindungan lebih untuk pertahanan tapi tetap memberikan kekuatan yang kreatif. Ia terbukti sama pentingnya selama perjalanan Kroasia ke final Piala Dunia, dengan dua kali menjadi penendang yang menentukan di adu penalti atas Denmark dan Rusia.

Selama dua musim pertama dalam karier Liverpoool, banyak pundit yang meragukan Roberto Firmino yang bekerja keras akan cukup produktif untuk menjadi ujung tombak di samping ambisi memenangi trofi besar. The Reds gagal meraih gelar pada musim lalu, tapi pemain asal Brasil itu menambah catatan golnya, dengan mencetak 27 gol dari 54 penampilan ketika Merseyside melaju ke final Liga Champions.

Salah satu talenta terbaik yang pernah bermain di Inggris, David Silva berada pada performa terbaiknya selama perjalanan Manchester City meraih gelar Liga Primer Inggris pada musim lalu, dengan mengkreasi 11 gol dan mencetak sembilan gol untuk dirinya. Performa sensasional pemain asal Spanyol itu menjadi semakin luar biasa dengan fakta kalau anaknya lahir secara prematur pada Januari dan menjalani lima bulan pertama dalam hidupnya dengan perjuangan untuk hidup.

Musim Liga Primer Inggris Sergio Aguero mungkin berakhir sebelum waktunya akibat cedera lutut, namun pemain asal Argentina itu memainkan peran yang masif dalam kesuksesan tim meraih gelar, dengan mencetak 21 gol dari hanya 25 penampilan, juga menjadi pencetak gol dengan rekor klub sepanjang masa dengan golnya ke gawang Napoli di Liga Champions. Sang striker juga mencetak gol saat tim kalah di final Piala Liga Inggris lawan Arsenal dan bahkan mencetak dua gol di Piala Dunia meski Albiceleste gagal di turnamen itu.

Superstar Real Madrid Gareth Bale kehilangan statusnya sebagai starter otomatis di bawah asuhan Zinedine Zidane pada musim lalu, namun pemain asal Wales itu kembali membuktikan, meski penampilannya sementara, ia tetap berkelas. Setelah pulih dari masalah kebugaran fisik, sang winger mengakhiri musim dengan indah, mencetak gol dalam empat pertandingan La Liga secara beruntun sebelum kemudian tampil sebagai pemain cadangan untuk memenangkan Liga Champions buat Los Blancos dengan dua golnya di final kontra Liverpool. Ini termasuk tendangan gunting yang sungguh mencengangkan.

Piala Dunia 2018 jadi kekecewaan besar Robert Lewandowski bersama Polandia. Bomber Bayern Munich itu juga gagal wujudkan transfer impiannya ke Real Madrid pada bursa musim panas lalu. Besar kemungkinan karena performa buruknya hadapi Los Blancos di semi-final Liga Champions musim lalu. Meski begitu, sang penyerang tetap jalani musim yang apik lewat gelar topskor Bundesliga Jerman dengan koleksi 29 gol hanya dari 30 penampilan.

Layaknya Inter Milan, Ivan Perisic alami gejolak performa dalam perjalanan musim lalu, tapi tetap berhasil antarkan klubnya lolos ke Liga Champions, untuk kali pertama dalam enam tahun terakhir melalui lesatan 11 gol. Sang winger kemudian tampil brilian di Piala Dunia 2018, mencetak tiga gol - termasuk di semi-final dan final - sebagaimana Kroasia finis sebagai runner-up.

James Rodrigez alami gangguan cedera dalam 12 bulan terakhir hingga berdampak pada kiprahnya di Piala Dunia 2018 bersama Kolombia. Namun ketika fit, dia langsung menunjukkan kualitas yang membuat Bayern Munich rela menggelontorkan dana sebesar €13 juta hanya untuk meminjamnya dari Real Madrid. Playmaker berkelas ini menyumbang 11 assist dan tujuh gol untuk membuat Die Bavarian sukses pertahankan gelar Bundesliga Jerman.

Chelsea mungkin jalani musim kedua yang buruk di bawah Antonio Conte, tapi The Blues tetap berhasil raih gelar Piala FA, dengan Thibaut Courtois catatkan clean sheet di final kontra Manchester United. Kiper internasional Belgia, yang kemudian hijrah ke Real Madrid, ini lantas bermain spektakuler di Piala Dunia 2018. Dia diganjar predikat Sarung Tangan Emas untuk gelar kiper terbaik, seiring negaranya yang raih peringkat tiga di turnamen.

Bukan tahun yang menggembirakan bagi Paulo Dybala, mulai dari kartu merahnya melawan Real Madrid di Liga Champions hingga selalu dicadangkan Argentina di Piala Dunia. Walau begitu, penyerang 26 tahun ini tetap menjalani musim terproduktif sepanjang kariernya, mencetak 26 gol di semua kompetisi untuk membantu Juventus merengkuh double.

Luis Suarez boleh jadi kesulitan mencetak gol di Liga Champions musim lalu, namun ia punya peranan kunci dalam keberhasilan Barcelona merengkuh dua gelar. Striker Uruguay ini mencetak 31 gol di semua ajang, termasuk di antaranya sempat mengemas 11 gol hanya dari delapan partai La Liga Spanyol dan juga menyumbang dua gol di final Copa del Rey.

Pelatih timnas Jerman Joachim Low barangkali kini menyesal setelah mencoret seorang pemuda tempramental tapi bertalenta tinggi dari skuat Piala Dunia. Tanpa kecepatan dan dribel menawan dari Leroy Sane di Rusia, sang juara bertahan secara mengenaskan harus tereliminasi dini. Padahal, ia adalah salah satu pemain terbaik Manchester City dalam kampanye dominan mereka di Liga Primer musim lalu, dengan mampu mengemas 10 gol dan 15 assist.

Salah satu hal mengejutkan di musim panas kemarin adalah keberhasilan Lazio mempertahankan Sergej Milinkovic-Savic, sosok yang paling banyak diminati di bursa transfer. Punya nilai transfer €100 juta, gelandang internasional Serbia berpostur tinggi tapi berteknik tinggi ini terlibat dalam 22 gol Lazio di semua kompetisi musim lalu, dengan mencetak 14 gol dan menciptakan delapan assist.

Raheem Sterling mungkin adalah salah satu contoh terbaik dari "Efek Pep Guardiola" di Manchester City. Dalam 12 bulan terakhir, ia berkembang menjadi salah satu penyerang paling berbahaya dan efektif di dunia, membuatnya dikaitkan dengan Real Madrid. Musim lalu menjadi musim terproduktif Sterling di mana ia mampu membukukan 23 gol dari 46 partai di semua ajang.

Perjalanan Joshua Kimmich di Piala Dunia bersama Jerman mungkin tidak berjalan sesuai harapan tetapi ia bisa dibilang sebagai bek sayap paling efektif di Eropa musim lalu. Pemain Bayern Munich itu mencatatkan paling banyak assist di semua kompetisi (15) dibandingkan bek lain di lima Liga top Eropa, sementara itu juga mencetak enam gol, termasuk ketika membobol gawang Real Madrid pada dua leg semi-final Liga Champions.

Gianluigi Buffon mengakhiri karir 17 tahunnya bersama Juventus dengan membantu Si Nyonya Tua meraih Scudetto ketujuh secara beruntun, meraih 11 clean sheet. Namun, perjuangan sang ikon meraih trofi Liga Champions perdana berakhir tragis, Buffon dikartu merah pada menit terakhir dalam laga perempat-final dramatis melawan Real Madrid, bagaimanapun juga, pemain berusia 40 tahun itu enggan gantung sepatu pada musim panas dan memilih mencoba peruntungan baru di Paris Saint-Germain.

Fans Napoli merasa resah dengan kurangnya pemain bintang yang datang ke San Paolo pada musim panas, tetapi mereka terhibur dengan keberhasilan klub mempertahankan Kalidou Koulibaly. Klub Liga Primer Inggris yang tidak diungkap namanya mengajukan penawaran sebesar €100 juta pada musim panas untuk bek Senegal yang tampil impresif musim lalu, ia juga memberi kontribusi lima gol, termasuk gol kemenangan atas Juventus pada April 2018.

Edin Dzeko tampak semakin matang seiring bertambahnya usia dan dia dalam performa menawan dalam dua tahun terakhir. Setelah mencetak gol terbanyak satu musim (39) sepanjang karirnya pada 2016/17, pemain berusia 32 tahun itu membantu AS Roma menembus semi-final Liga Champions musim lalu, mencetak delapan gol dalam 12 pertandingan dan mencetak gol dalam lima laga babak gugur secara beruntun.

Manchester United menggelontorkan £75 juta untuk mendatangkan Romelu Lukaku dari Everton tahun lalu dan striker gempal itu membalas kepercayaan Setan Merah dengan 27 gol dan sembilan assist pada musim perdananya di Old Trafford. Pemain berusia 25 tahun itu kemudian meraih Bronze Boot di Piala Dunia 2018, setelah mencetak empat gol untuk timnas Belgia yang menempati posisi ketiga di Rusia.

Tahun pertama Hirving Lozano di sepakbola Eropa tampaknya tidak mungkin jadi lebih baik, seiring winger PSV itu mendorong PSV ke gelar juara Eredivisie dengan 17 gol dalam 29 penampilan. Setelah melanjutkan itu dengan aksi gemilang bersama Meksiko di Piala Dunia 2018 - di mana ia mencetak gol solo apik kontra Jerman - 'Chucky' sekarang dipantau oleh klub sekelas Barcelona.

Musim lalu baru berjalan dua bulan ketika Lazio memutuskan untuk menambah kontrak Ciro Immobile dan mudah memahami alasannya. Striker internasional Italia itu mengawali musim dengan dua gol yang berujung kemenangan atas Juventus di Supercoppa Italiana dan ia akhirnya mencetak 41 gol di semua kompetisi, termasuk memenangkan penghargaan Capocannoniere Serie A dengan 29 gol dalam 33 penampilan.

Sejak bergabung kembali dengan Marseille dari Newcastle, Florian Thauvin membungkam kritik yang menganggapnya sudah habis usai kekecewaan di Tyneside. Siapa sangka, pemain 25 tahun itu mencetak 26 gol dan mencatatkan 17 assist seiring timnya melangkah ke final Liga Europa, sehingga ia mengamankan satu tempat di timnas Prancis selama Piala Dunia.

Andres Iniesta menutup tirai karier cemerlangnya bersama Barcelona dengan gaya yang maksimal, membantu timnya meraih dua gelar domestik di musim terakhirnya di Camp Nou. Selalu jadi bintang di momen penting, legenda hidup itu menyajikan performa impresif dalam kemenangan atas Sevilla di final Copa del Rey dan sekarang bakal menghibur fans Vissel Kobe di Jepang.